PENGARUH PESAN KAMPANYE #betterlifewhenwerecycle TERHADAP BRAND IMAGE LG INDONESIA

  • Sekar Kinanti Anggono Universitas Negeri Jakarta
  • Qoryna Noer Seyma Universitas Negeri Jakarta
  • Wina Puspita Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Mentari Anugrah Imsa Universitas Negeri Jakarta
  • Anggun Nadia Fatimah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pesan Kampanye, Citra Merek, Strategi Komunikasi Pemasaran

Abstract

Permasalahan sampah kain di Indonesia menjadikan masyarakat termasuk pelaku usaha semakin sadar akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan. Hal ini membuat praktik bisnis yang berorientasi pada lingkungan semakin relevan. Oleh karena itu, untuk mempertahankan dan dapat bersaing antar perusahaan sejenis, LG Indonesia melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui kampanye #BetterLifeWhenWeRecycle untuk terus memperkuat citra merek (brand image) agar tetap diingat dan menjadi pilihan khalayak. Tujuan dari penelitian untuk melihat pengaruh pesan kampanye #BetterLifeWhenWeRecycle terhadap brand image LG Indonesia. Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan terhadap 100 pengikut Instagram @lgindonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan kampanye #BetterLifeWhenWeRecycle dengan dimensi kognitif, afektif, dan konatif memiliki pengaruh terhadap brand image LG Indonesia sebesar 58,3% sementara terdapat variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini yang memengaruhi brand image LG Indonesia sebesar 41,7%. Dapat disimpulkan bahwa pesan kampanye #BetterLifeWhenWeRecycle berpengaruh terhadap brand image LG Indonesia.

Published
2025-07-31
How to Cite
Anggono, S. K., Noer Seyma, Q., Puspita Sari, W., Anugrah Imsa, M., & Nadia Fatimah, A. (2025). PENGARUH PESAN KAMPANYE #betterlifewhenwerecycle TERHADAP BRAND IMAGE LG INDONESIA. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 6(3), 525-542. https://doi.org/10.53565/nivedana.v6i3.1836
DOI : https://doi.org/10.53565/nivedana.v6i3.1836