STRATEGI FRAMING MEDIA DIGITAL WEVERSE OLEH INDUSTRI K-POP
(Membangun Simpati dan Loyalitas Penggemar di Era Digital)
Abstract
Dalam era digital yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan pergeseran perilaku konsumsi media, industri K-Pop memanfaatkan platform digital untuk memperkuat hubungan antara artis dan penggemar. Salah satu platform yang digunakan secara strategis adalah Weverse, sebuah aplikasi komunitas penggemar yang dikembangkan oleh HYBE Corporation. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi framing media digital yang diterapkan melalui Weverse dalam membangun simpati dan loyalitas penggemar. Dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis, studi ini mengeksplorasi bagaimana narasi, visual, serta interaksi yang disajikan di Weverse dikonstruksi untuk menciptakan kedekatan emosional antara artis dan penggemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi framing yang diterapkan diantaranya framing emosional,framing heroik dan framing naratif untuk membentuk citra positif dan emosional dari artisnya yang secara efektif dapat membangun persepsi positif dan rasa memiliki dikalangan penggemar. Selain itu elemen-elemen framing yang digunakan oleh Weverse yang juga dapat memperkuat hubungan dengan penggemar. Temuan ini memperlihatkan bahwa Weverse tidak hanya berfungsi sebagai media distribusi konten, tetapi juga sebagai alat pemasaran emosional yang memperkuat ikatan fanbase dalam ekosistem K-Pop global.
References
Aditiyarani, Riska, and Kukuh Sinduwiatmo. 2024. “Weverse Menghubungkan Boygroup Treasure Dan Para Penggemar Mereka.” Interaction Communication Studies Journal 1(2): 82–96. doi:10.47134/interaction.v1i2.2881.
Butsi, Febry Ichwan. 2019. “Mengenal Analisis Framing : Tinjauan Sejarah Dan Metodologi.” Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique 1(2): 52–58.
K-pop, Fanatisme Penggemar. 2024. “PERILAKU KOMUNIKASI NCT-ZEN SEBAGAI BENTUK.”
Mahardika, E Maryani, and E Rizal. 2022. “Budaya Korean Wave Sebagai Komoditas Industri Media Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique 5(1): 121–33. www.ejurnal.stikpmedan.ac.id.
Nestya Indih Mulyana, and Qoni’ah Nur Wijayanti. 2023. “Teori Komunikasi Agenda-Setting Dalam K-Pop: Peran Media Terhadap Motivasi, Kepuasan, Dan Loyalitas Fans Dalam Mendukung Grup Idola.” Journal Sains Student Research 2(1): 201–14. doi:10.61722/jssr.v2i1.503.
Nursalamah, Anna, and Rizma Julistiana. 2023. “ANALISIS FRAMING BERITA PEMILIHAN RAYA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG TAHUN 2023 ( Studi Kasus Pemberitaan Kericuhan Pada Saat Debat Capresma Dan Cawapresma ).” 2023. doi:10.15575/cjik.v3i1.4942.1.
Pokhrel, Sakinah. 2024. “No TitleΕΛΕΝΗ.” Αγαη 15(1): 37–48.
Rinata, Asfira Rachmad, and Sulih Indra Dewi. 2019. “Fanatisme Penggemar Kpop Dalam Bermedia Sosial Di Instagram.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 8(2): 13. doi:10.14710/interaksi.8.2.13-21.
Wibowo, Wasis, Universitas Pembangunan, Nasional Veteran, Fitria Ayuningtyas, Universitas Pembangunan, and Nasional Veteran. 2025. Tren Dan Masa Depan Komunikasi Digital.
