Analisis Implementasi Kebijakan dan Permasalahan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Surabaya

  • Banu Atmoko Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amelia Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: kebijaka, penerimaan, perserta didik, baru

Abstract

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan agenda tahunan krusial dalam sistem pendidikan di Indonesia, termasuk di Kota Surabaya. Implementasinya seringkali memunculkan berbagai permasalahan kompleks yang perlu dianalisis secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk;(1) menganalisis implementasi kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Surabaya; (2) menelaah faktor-faktor penyebab permasalahan dalam PPDB; (3) mengevaluasi efektivitas kebijakan PPDB; (4) rekomendasi kebijakan yang dapat diterapkan untuk mengatasi kendala dan meningkatkan kualitas implementasi PPDB di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan berbagai pemangku kepentingan (Dinas Pendidikan, kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan siswa), serta melalui analisis dokumen terkait kebijakan dan pelaksanaan PPDB. Penelitian ini telah mengidentifikasi sejumlah tantangan yang perlu diatasi untuk mewujudkan sistem PPDB yang lebih adil, transparan, dan merata. Rekomendasi kebijakan yang diajukan diharapkan dapat menjadi masukan konstruktif bagi Pemerintah Kota Surabaya dalam menyempurnakan sistem PPDB dan memastikan setiap anak memiliki kesempatan yang setara untuk mengakses pendidikan berkualitas.

 

Kata kunci: Kebijakan, Permasalahan, PPDB

Published
2025-07-29
DOI : https://doi.org/10.53565/pssa.v11i1.1750